daengazzli.com

TIPS UNTUK MENGHINDARI TERSESAT SAAT DI TANAH SUCI MEKKAH MADINNAH

TIPS UNTUK MENGHINDARI TERSESAT SAAT DI TANAH SUCI (MEKKAH-MADINNAH)
1.Setiba di Makkah dan Madinah, segera catat nama hotel, nomor kamar, dan alamat serta nomor telepon. Ingat-ingat hal tersebut atau catat kemudian selipkan di tas tangan yang dibawa atau dompet. Lebih baik lagi catat di handphone juga. Selain itu usahakan pula untuk mencatat nomer telepon teman sekamar hotel yang dapat kita mintai bantuan, atau dapat juga nomer telepon Tour Leader atau Muthawif ya.. .
2. Kita juga harus mengetahui siapa saja petugas perjalanan Umroh/Haji. Kenali seperti syal/warna seragam yang dikenakan serta identitas resmi untuk menghindari penipuan dari orang-orang yang tidak kita kenali, terutama bila kita adalah jamaah perempuan atau baru pertama kali di Tanah Suci.
3.Usahakan bila pergi beribadah ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi untuk selalu pergi bersama rombongan. Hindari bepergian sendiri terutama bila ibadah Umroh yang kita laksanakan adalah kali pertama.Kalaupun tidak bersama rombongan, usahakan ada teman lain yang dapat mendampingi kita ya..
4.Tetaplah kenakan kalung pengenal dan id card (kartu tanda pengenal) agar mudah dikenali saat kita mencari pertolongan ,karena kalung yang kita kenakan dapat menjadi petunjuk tempat tinggal jamaah. Hal ini juga akan memudahkan petugas keamanan dari pemerintahan Arab Saudi untuk menemukan tempat tinggal dan dari negara mana kita berasal, terutama bila kita sama sekali tidak dapat berbahasa Arab atau Inggris. Meskipun kita menguasai bahasa asing tersebut, tetap bawalah tanda pengenal terutama bila nanti terjadi keadaan darurat misalnya kita tiba-tiba jatuh sakit,dsb.
5. Tetap tenang dan tidak panik bila merasa lelah karena telah berputar-putar namun belum menemukan jalan kembali. Cobalah beristirahat sambil mengingat kembali dari mana kita masuk ketika beribadah. Atau ingatlah kembali nomor pintu/pertanda khusus jalan dari hotel menuju tempat ibadah . Kita juga bisa bergabung dengan jamaah dari Indonesia meski dari rombongan yang berbeda untuk sementara sebelum dapat menemukan orang yang dapat membantu mencari hotel kita.
Semoga bermanfaat
#rinduharamain
#rindubersujuddibaitullah
12/04/2021
2 Komen:
Sudirman Arminareka
12-04-2021, 02:11:04
Masyaa Allah
Nyi Ayu Rita Lestari
12-04-2021, 02:11:08
Ijin share ya

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *