daengazzli.com

SANG KOMBATAN Persahabatan Ideologi dan Cinta Damai bukanlah pilihan bagi para mantan kombatan GAM

[ SANG KOMBATAN ]
"Persahabatan, Ideologi, dan Cinta"
--------------------------
"Damai bukanlah pilihan bagi para mantan kombatan GAM. Itu adalah peunutoh. Mau tak mau dan siap tak siap, mereka harus menerimanya. Dan berdamai, bukan berarti melupakan apa yang sudah terjadi."
Kalimat-kalimat seperti ini, mungkin akan ada temui dalam alur cerita Sang Kombatan. Cerita tentang konflik di Aceh yang memuat berbagai sudut pandang etnis masyarakat, baik Aceh maupun Jawa. GAM dan TNI.
"Tidak ada yang menginginkan konflik terjadi. Baik GAM maupun TNI. Mereka hanya lakon dalam sebuah cerita panjang dan hikayat sebab-akibat." Mungkin inilah pesan yang coba disampaikan oleh penulis dalam buku ini.
Adalah Musa, seorang pemuda asal Aceh Utara yang menjadi tokoh dalam cerita ini. Ia tumbuh dalam suasana konflik serta melihat banyak ketimpangan saat Aceh masih diberlakukan darurat militer.
Cara pemerintah pusat memperlakukan Aceh membuat darah muda pria ini mendidih. Namun gejolak ini tertahan hingga Musa menempuh pendidikan di UGM Yogyakarta. Di sana, ia juga bertemu dengan berbagai mahasiswa daerah konflik, seperti Papua dan Timur-Timur.
Ia juga berteman dengan seorang wanita Jawa yang sangat santun bernama Rani.
Namun jauh dari Aceh sebagai pusat konflik, tak membuat Musa lupa akan daerahnya. Kabar soal Aceh terus diperolehnya, hingga akhirnya ia kembali ke tanah leluhur dan bergabung dengan tentara nanggroe.
Cerita Sang Kombatan sangat menarik untuk dibaca. Alur cerita ini maju-mundur dan maju. Novel ini mengisahkan tiga setting tempat, yaitu Aceh, Yogya dan Malaysia. Dimana, kita akan mengetahui kejadian-kejadian yang tak pernah terungkap selama konflik Aceh.
Sang Kombatan seolah buku non-fiksi yang di-fiksi-kan. Buku yang melihat konflik dari berbagai sudut pandang. Selamat membaca.
Harga Promo: Rp. 100.000
SANG KOMBATAN (novel)
Penulis : Musa AM
Ukuran: 14,8 x 21 cm
Hal: 650 Hal
Hard Cover
27/12/2019

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *